Informasi lengkap dapat dibaca pada laman dibawah ini

Tentang Seleksi

Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama tahun 2020 memperpanjang waktu pendaftaran calon Jabatan Pimpinan Tinggi pratama mulai tanggal 1 Agustus 2020 s.d. 7 Agustus 2020. Kami mengundang para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri melalui seleksi terbuka.


Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang akan diisi

No. Nama Jabatan Eselon
1 Kepala Biro Umum 2.a
2 Kepala Pusat Data dan Sarana Informatika 2.a
3 Kepala Pusat Kelembagaan Internasional 2.a
4 Sekretaris Komisi Penyiaran Indonesia Pusat 2.a
5 Direktur Pengembangan Pita Lebar 2.a

Seluruh proses pelaksanaan Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama tahun 2020 diumumkan melalui laman https://seleksi-pratama.kominfo.go.id





Deskripsi Jabatan

* Klik Jabatan untuk melihat Informasi lebih lengkap

  • #1 Mengelola urusan tata usaha dan layanan kementerian baik kepada pimpinan maupun pegawai;
  • #2 Mengelola urusan pengadaan barang dan jasa kementerian;
  • #3 Mengelola urusan rumah tangga dan perlengkapan;
  • #4 Mengelola urusan persuratan dan arsip kementerian;
  • #5 Menyusun perangkat, norma, standar, prosedur, instrumen, evaluasi dan monitoring dalam melaksanakan penyusunan kebijakan umum dan administrasinya di lingkungan Kominfo serta dapat mengkoordinasikan dalam implementasi;
  • #1 Merumuskan dan melaksanakan sosialiasi kebijakan/ pedoman/ petunjuk teknis di bidang Informatika;
  • #2 Merencanakan dan melaksanakan pengembangan aplikasi informatika untuk kepentingan perkantoran;
  • #3 Melakukan pembinaan fungsional pranata komputer di lingkungan Kominfo;
  • #4 Menyusun perencanaan dan pelaksanaan pengembangan arsiktektur Teknologi Informatika;
  • #5 Memantau dan mengevaluasi pelaksanaan rencana investasi Teknologi Informasi yang strategis di tingkat Kementerian Komunikasi dan Informatika;
  • #6 Menyusun dan melaksanakan kebijakan, standar, dan prosedur terkait Teknologi Informasi.
  • #1 Merumuskan dan melaksanakan sosialiasi kebijakan/ pedoman/ petunjuk teknis di bidang Hubungan Kelembagaan Internasional;
  • #2 Melakukan lobi, advokasi dan negosiasi pada sidang/ forum internasional;
  • #3 Sebagai focal point dari Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam berkomunikasi dan berkorespondensi dengan ITU dan organisasi internasional lainnya;
  • #4 Menyelenggarakan diseminasi (sosialisasi) kepada instansi terkait mengenai hasil pelaksanaan sidang/ pertemuan/ perundingan dalam forum internasional;
  • #5 Menyelenggarakan sidang/ pertemuan/ perundingan dalam forum internasional di Indonesia berdasarkan prosedur yang telah ditentukan agar dapat memperkuat posisi Indonesia dalam forum internasional di bidang teknologi informasi dan komunikasi;
  • #6 Mengelola ketatalaksanaan kerjasama internasional;
  • #1 Memberikan dukungan administrasi penyusunan dan revisi peraturan perundang-undangan dan produk hukum Komisi Penyiaran Indonesia
  • #2 Melaksanakan hubungan masyarakat dan kerjasama antar lembaga
  • #3 Melaksanakan verifikasi dan dokumentasi perizinan penyelenggaraan penyiaran
  • #4 Mengelola data dan informasi administrasi perizinan penyelenggaraan penyiaran
  • #5 Melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan Sekretariat Komisi Penyiaran Indonesia Daerah dalam menyelenggarakan fungsi dan wewenang
  • #1 Melaksanakan Penyusunan Kebijakan Tata Kelola Pitalebar.;
  • #2 Melaksanakan Advokasi Publik Bimtek, Sosialisasi bidang Pengembangan Pitalebar termasuk Ekosistem Pitalebar;
  • #3 Melaksanakan Perencanaan Infrastruktur Telekomunikasi Pitalebar dan Penyiaran;
  • #4 Melaksanakan Penyediaan Infrastruktur Telekomunikasi Pitalebar dan Penyiaran;
  • #5 Melaksanakan Monitoring Pengembangan Pitalebar Infrastruktur Telekomunikasi, Keperluan Khusus, Penyiaran dan Ekosistem;
  • #6 Melaksanakan Evaluasi Pengembangan Pitalebar meliputi Infrastruktur Telekomunikasi, Keperluan Khusus, Penyiaran dan Ekosistem;
  • Persyaratan Umum

    Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama tahun 2020 memperpanjang waktu pendaftaran calon Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama tahun 2020 mulai tanggal 1 Agustus 2020 s.d. 7 Agustus 2020, bagi yang memenuhi Persyaratan Umum sebagai berikut:
    • #1 Memenuhi standar kompetensi masing masing jabatan (berkas standar kompetensi dapat diunduh disini);
    • #2 Berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil;
    • #3 Tidak pernah berkedudukan sebagai pengurus atau anggota partai politik yang dibuktikan dengan pernyataan tidak berkedudukan sebagai pengurus atau anggota partai politik;
    • #4 Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah berkekuatan hukum tetap yang dibuktikan dengan pernyataan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah berkekuatan hukum tetap (dari Inspektorat Jenderal Kementerian/ Lembaga terkait);
    • #5 Telah mendapatkan rekomendasi dari Pejabat Pembina Kepegawaian bagi PNS Kementerian/Lembaga dan Sekretaris Daerah untuk PNS Pemerintah Daerah untuk mengikuti rangkaian seleksi yang dibuktikan dengan Surat Persetujuan dari Pejabat Pembina Kepegawaian yang memberikan izin untuk mengikuti rangkaian seleksi terbuka pengisian JPT Pratama di lingkungan Kementerian Kominfo;
    • #6 Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah Sarjana/ Diploma IV dari lulusan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang program studinya terakeditasi atau lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri yang ijazahnya telah mendapatkan penetapan penyetaraan dari Panitia Penilaian Ijazah Luar Negeri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
    • #7 Berusia setinggi-tingginya 56 (lima puluh enam) tahun per tanggal 1 Oktober 2020
    • #8 Sedang atau pernah menduduki Jabatan Administrator atau Jabatan Fungsional jenjang Ahli Madya paling singkat 2 (dua) tahun;
    • #9 Sekurang-kurangnya memiliki pangkat Pembina Tingkat I, golongan ruang IV/b atau Jenjang Ahli Madya untuk Jabatan Fungsional;
    • #10 Diutamakan telah mengikuti Diklat Kepemimpinan Tingkat III dan/atau bentuk pendidikan lain yang setara (bagi pelamar dari Jabatan Administrator);
    • #11 Semua unsur penilaian prestasi kerja sekurang-kurangnya bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir (SKP tahun 2018 dan SKP tahun 2019);
    • #12 Memiliki pengalaman Jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan Jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling singkat selama 5 (lima) tahun;
    • #13 Telah menyerahkan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) bagi yang diwajibkan dan SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) tahun 2019.

    Jadwal Seleksi

    No. Kegiatan Tanggal
    1 Pengumuman 31 Juli - 7 Agustus 2020
    2 Penerimaan berkas lamaran 1 Agustus - 7 Agustus 2020
    3 Seleksi Administrasi 1 Agustus - 11 Agustus 2020
    4 Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi 12 Agustus 2020
    5 Pelaksanaan Assessment Test (online) dan Tes Makalah (offline) 18 - 19 Agustus 2020
    6 Pengumuman Hasil makalah dan Assessment Test 10 September 2020
    7 Pelaksanaan Tes Wawancara (online) 16 - 17 September 2020
    8 Pengumuman Hasil Seleksi 3 Besar 16 Oktober 2020
    *jadwal sewaktu-waktu dapat berubah

    Tata Cara dan Kelengkapan Dokumen

    Pendaftaran dan penyampaian dokumen kelengkapan administrasi hanya dilakukan secara daring melalui laman https://seleksi-pratama.kominfo.go.id, dengan mengunggah hasil pemindaian (scan) dokumen sebagai berikut:
    A. Pelamar diperbolehkan mendaftar maksimal untuk 2 (dua) jabatan dengan menyebutkan jabatan apa saja yang dilamar pada Surat Lamaran;
    B. Seluruh berkas administrasi merupakan berkas ASLI yang discan dengan format .pdf (kecuali foto dan KTP dengan format .jpg) dan ukuran maksimal 5 MB per dokumen dengan nama file: NAMA DOKUMEN_NAMA PELAMAR (contoh: KTP_ROSSA);
    C. Pendaftaran dan penyampaian dokumen kelengkapan administrasi hanya dilakukan secara daring mulai tanggal tanggal 1 Agustus 2020 s.d. 7 Agustus 2020 melalui laman http://seleksi-pratama.kominfo.go.id, dengan mengunggah hasil pemindaian (scan) dokumen sebagai berikut:
    • #1 Surat Lamaran ditujukan kepada Ketua Panitia Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama;
    • #2 Soft file foto terbaru berwarna dengan latar belakang warna merah ukuran 3R;
    • #3 Daftar Riwayat Hidup;
    • #4 Kartu Tanda Penduduk;
    • #5 Ijazah terakhir;
    • #6 Surat Keputusan Pengangkatan dalam jabatan terakhir;
    • #7 Surat Keputusan Pengangkatan dalam pangkat terakhir;
    • #8 Sertifikat diklat teknis maupun fungsional yang berkaitan dengan jabatan yang dilamar (apabila ada);
    • #9 Sertifikat pendidikan dan pelatihan kepemimpinan dari Lembaga Pendidikan dan Pelatihan yang terakreditasi (apabila ada);
    • #10 Penilaian Prestasi Kinerja 2 (dua) tahun terakhir secara lengkap yang disahkan oleh pejabat yang berwenang;
    • #11 Tanda bukti telah menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN) Tahun 2019;
    • #12 Tanda bukti penyerahan SPT Tahun 2019;
    • #13 Pakta Integritas.
    • #14 Surat Persetujuan PPK yang memberikan izin untuk mengikuti rangkaian seleksi terbuka pengisian JPT Pratama di lingkungan Kominfo;
    • #15 Surat Pernyataan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah berkekuatan hukum tetap dari Inspektorat Jenderal Kementerian/ Lembaga terkait;
    • #16 Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas materai Rp6000,- yang menyatakan bahwa pendaftar:
        a. Bersedia dilakukan Klarifikasi Rekam Jejak;
        b. Tidak berkedudukan sebagai pengurus atau anggota partai politik;
        c. Tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang/ berat yang ditandatangani oleh Pejabat Yang Berwenang;
        d. Menyatakan kebenaran dan keabsahan data;
    • #17 Berkas yang kurang dan atau tidak lengkap dianggap gugur.
    Formulir Lampiran dan info lebih lanjut dapat diunduh disini
    Ketentuan lainnya:
    • #1 Berkas administrasi pelamar yang diproses untuk mengikuti tahap seleksi berikutnya adalah berkas yang lengkap sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan;
    • #2 Proses dan tahapan seleksi ini tidak dikenakan biaya atau pungutan dalam bentuk apapun;
    • #3 Setiap perkembangan informasi seleksi ini akan disampaikan melalui laman http://seleksi-pratama.kominfo.go.id. Kelalaian tidak mengikuti perkembangan informasi menjadi tanggung jawab pelamar;
    • #4 Seluruh biaya akomodasi, transportasi, kelengkapan administrasi, dan biaya pribadi yang dikeluarkan oleh pelamar selama melaksanakan proses seleksi ditanggung oleh pelamar;
    • #5 Pelamar yang memberikan keterangan/data dengan tidak benar, maka keikutsertaan/kelulusan sebagai peserta/pelamar dapat digugurkan secara sepihak oleh Panitia;
    • #6 Keputusan Panitia Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian Komunikasi dan Informatika bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat sesuai ketentuan perundang-undangan; dan
    • #7 Dalam hal membutuhkan penjelasan terkait teknis administratif, dapat menghubungi Sekretariat Panitia Seleksi JPT Pratama di alamat email: pansel@kominfo.go.id

    SEKRETARIAT PANITIA SELEKSI
    Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian Komunikasi dan Informatika
    Biro Kepegawaian dan Organisasi
    Gedung B Lantai VII
    Jln. Medan Merdeka Barat No.9
    email: pansel@kominfo.go.id